bagusnya indonesia ......

LightBlog

Jumat, 16 Maret 2018

Coba Anda Tebak, Lebih Sehat Mana Antara Kloset Duduk dan Jongkok?


Bicara masalah kloset, info ini bisa jadi mengejutkan Anda. Mengapa?  Seperti dilansir antaranews.com, seorang dokter dari Rumah Sakit Pondok Indah (RSPI) dr. Franky Mainza Zulkarnaen, Sp.B mengatakan "membuang hajat" lebih baik menggunakan kloset jongkok ketimbang kloset duduk.

Kita tentu semua tahu bahwa kloset jongkok lebih awal dikenal masyarakat sebelum kloset duduk umum digunakan masyarakat sekarang ini. Maka dari itu kloset jongkok kesannya kuno dan semakin ditinggalkan masyarakat. Tidak disangka justru kloset jongkok ini yang lebih baik bagi kesehatan.  

"WC paling bagus jongkok. Dari segi anatomi enggak menekan rektum atau selang pembuangan," ujar Franky yang juga spesialis bedah lebih lanjut, di Jakarta, Kamis.

Tekanan pada rektum menjadi salah satu faktor munculnya wasir atau hemoroid. Wasir merupakan keadaan pelebaran pembuluh darah vena.

Kurang konsumsi sayuran dan buah--yang merupakan sumber serat--, konsumsi makanan pedas (cabai) tak terkendali juga bisa menjadi faktor risiko seseorang terkena wasir.

"Panas cabai membuat pergerakan usus lebih cepat sehingga tekanan meningkat, membuat pelebaran pembuluh darah vena," tutur Franky.

Faktor risiko lain munculnya wasir yakni kehamilan, terlalu lama berjongkok atau duduk di toilet dan juga karena faktor usia lanjut.

Nah bagaimana dengan Anda? Tentu info ini bisa menjadi pertimbangan Anda sebelum terlanjur mengganti kloset lama yang jongkok menjadi kloset duduk. Silahkan ambil keputusan yang bijaksana.



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar