bagusnya indonesia ......

LightBlog

Selasa, 13 Maret 2018

Garam Bisa Jadi Penyebab Tekanan Darah Tinggi, ini Penjelasan Ilmiahnya


Menurut data dari Centers for Disease Control and Prevention, dari sekitar 75 juta orang dewasa di Amerika, terdapat 1 dari 3 orang memiliki tekanan darah tinggi.

Tekanan darah tinggi yang biasa disebut hipertensi ini merupakan kondisi yang berbahaya untuk tubuh. Tekanan darah tinggi dapat meningkatkan risiko terkena serangan jantung, stroke, gagal jantung kronis, dan penyakit ginjal.

Banyak orang kesulitan untuk menyusun diet yang tepat untuk tubuhnya, agar memiliki tekanan darah yang normal.

Menurut The Dietary Guidelines for Americans, asupan sodium yang direkomendasikan adalah sebanyak 2.300 mg per hari. Tapi jika kamu telah memiliki riwayat tekanan darah tinggi, sebaiknya per hari asupan sodium maksimal yang kamu konsumsi adalah 1500 mg.

Konsumsi garam yang berlebihan, dapat mengganggu keseimbangan natrium alami dalam tubuh. Hal ini menyebabkan ginjal kesulitan menjaga kelebihan sodium dalam aliran darah.

Saat natrium terakumulasi, tubuh membutuhkan banyak air untuk mencairkan sodum. Hal ini akan meningkatkan cairan di sekitar sel dan volume darah dalam pembuluh darah. Peningkatan volume darah membuat jantung bekerja lebih keras dan banyak tekanan pada pembuluh darah.

Peningkatan natrium juga menyebabkan pengurangan sintesis oksida nitrat yang berfungsi sebagai vasodilator arteriolar. Vasodilator arteriolar adalah suatu zat yang dapat melebarkan pembuluh darah. Hal ini akan menimbulkan aliran darah lebih banyak hambatan karena juga terjadi penyempitan pembuluh darah. Demikian seperti dilansir grid.id.


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar