bagusnya indonesia ......

LightBlog

Jumat, 22 Juni 2018

Tips dan Risiko Menggunakan Software Akuntansi



Dalam lingkungan bisnis yang sangat kompetitif dewasa ini, "survival of the fittest" sering merupakan frasa yang tepat untuk menggambarkan persaingan ekstrim antara usaha kecil. Dengan bisnis kecil, kesalahan kecil dapat menumpuk sehingga menjadi besar tentunya hal itu dapat membawa dampak buruk bagi suatu organisasi bahkan organisasi yang dulunya solid dan memiliki banyak keuntungan dapat mati karenanya. Oleh karena itu sebagai pebisnis atau pengusaha harus tahu siapa kompetitor dan harus siap selalu untuk berkompetesi, bagaimana menangani kompetitor tersebut.

Banyak pengusaha, bahkan mereka yang telah berbisnis selama bertahun-tahun, telah menemukan diri mereka berjuang untuk tetap dalam bisnis, apalagi untuk menghasilkan keuntungan meskipun keuntungan terseubut terbilang lumayan. Dalam perjuangan untuk bertahan hidup, banyak yang mencoba mencari setiap keuntungan yang mungkin, bekerja dengan lebih giat lagi, sering untuk waktu yang lama, untuk memperkuat setiap kelemahan yang mungkin dimiliki perusahaan mereka.

Satu kelemahan besar, yang sering melanda operasi atau bisnis kecil yang sudah berbisnis selama bertahun-tahun, adalah pembukuan dan sistem akuntansi mereka. Dengan beralih ke perangkat lunak akuntansi / software accouting, daripada terus menggunakan metode kertas dan pensil, pemilik usaha kecil dapat membuat perbedaan besar pada garis dasar mereka.

Jadi jika Anda ingin beralih, bagaimana Anda memulai? Untuk memulainya, telitilah secara menyeluruh opsi yang tersedia. Periksa fitur, harga, dan layanan program perangkat lunak akuntansi (software accounting) yang andal. Salah satu sumber yang sangat penting dalam proses penelitian adalah akuntan Anda. Ia harus dapat memberikan rekomendasi terpelajar berdasarkan kebutuhan bisnis Anda.

Lalu setelah program dibeli, mintalah seorang profesional mengaturnya dan mengajari Anda cara menggunakannya. Sifat bisnis yang serba cepat saat ini belajar sendiri adalah hal yang tak mungkin, kita membutuhkan seorang profesional yang dapat mengajari agar efesiensi waktu dapat Anda pegang.Maka Anda perlu untuk menginvestasikan waktu dan uang Anda untuk hal itu.

Satu lagi catatan lagi, Anda juga perlu memastikan bahwa peralatan komputer Anda dapat bekerja normal ketika program akuntasi atau software accounting tersebut dijalankan. Jika tidak, maka pembaruan (update/upgrade) mungkin merupakan ide yang baik jika perlatan komputer Anda masih bekerja pada sistem operasi yang lawas alias lama.

Meskipun perangkat lunak akuntansi membawa manfaat besar, itu bukan tanpa risiko. Salah satu risiko terutama adalah hilangnya data, seperti dari kegagalan atau kerusakan hard drive. Pencadangan teratur ke perangkat eksternal sangat penting dalam melindungi terhadap kehilangan bencana seperti itu.

Bidang lain yang menjadi perhatian adalah biaya. Software accounting dapat menjadi sangat mahal untuk dijalankan dan di rawat, jadi sangat penting untuk menyiapkan anggaran biayauntuk hal tersebut. Risiko lain adalah keamanan komputer. Menyimpan semua informasi sensitif pada hard drive membuatnya rentan terhadap peretasan dan masalah berbahaya lainnya, sehingga program keamanan yang baik, diperbarui secara teratur, bersama dengan jaringan yang aman, adalah keharusan. Berharap untuk membayar seorang profesional untuk mengatur keduanya untuk Anda jika Anda tidak dapat melakukannya sendiri.

So, Demikianlah ulasan mengenai Tips dan Resiko Menggunakan Software Akuntansi, semoga bermanfaat bagi Anda yang membaca. Tidak menutup kemungkinan tips dan resiko tersebut hampir sama dengan penggunaan software-software lainnya seperti ERP software atau software untuk menunjang bisnis lainnya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar