bagusnya indonesia ......

LightBlog

Selasa, 10 Juli 2018

Biji Nangka Jangan Dibuang, Ini 7 Manfaat Sehat Lengkap yang Dikandungnya


Nangka jadi salah satu buah tropis yang kerap ditemui dalam beragam kudapan mulai dari puding hingga kue-kue.

Selama ini, orang hanya memanfaatkan daging buahnya saja, sedangkan bagian buah lain termasuk biji berakhir di tempat sampah.

Padahal tanpa disadari, biji nangka bisa dijadikan teman minum teh atau kopi.

Cukup bersihkan dan rebus biji nangka hingga empuk. Rasanya pun tak kalah dari kacang atau ubi rebus. Di balik rasanya yang nikmat. Tak cuma itu, biji nangka ternyata menyimpan nutrisi yang penting untuk tubuh.

Dilansir dari berbagai sumber, 100 gram biji nangka mengandung 185 kalori, 7 gram protein, 38 gram karbohidrat dan 1,5 gram serat. Lemaknya pun kurang dari 1 gram. Beragam mineral pun bisa diperoleh dengan menyantap biji nangka seperti tiamin, riboflavin, zinc, zat besi, potasium, tembaga dan mangan.

Lalu apa manfaat kesehatan dari konsumsi biji nangka?

1. Melawan anemia

Konsumsi biji nangka satu atau dua kali seminggu dapat meningkatkan asupan zat besi ke dalam tubuh. Biji nangka baik untuk mereka yang memiliki kadar hemoglobin atau sel darah merah rendah.

Kadar zat besi tinggi dalam biji nangka dapat mencegah dan mengatasi anemia sekaligus beberapa gangguan kesehatan yang berhubungan dengan darah. Zat besi mempu melawan gejala anemia seperti lemah dan lelah.

2. Menguatkan tulang

Biji nangka kaya akan kandungan potasium yang berfungsi untuk menguatkan tulang. Tak hanya tulang, konsumsi biji nangka juga dapat membentuk otot sebab kandungan protein yang tinggi.

3. Makanan afrodisiak

Beberapa sumber menyebut zat besi dalam biji nangka dapat merangsang kenikmatan seksual. Namun faktanya, biji nangka sudah digunakan di Asia sebagai bahan obat tradisional untuk mengatasi gangguan seksual. Ahli menyebut, biji nangka dapat dipanggang layaknya chestnut dan dijadikan makanan afrodisiak.

4. Cegah kanker

Kandungan antioksidan dalam biji nangka dipercaya dapat mencegah kanker. Tubuh dapat terlindungi dari paparan radikal bebas yang dapat merusak sel dan memproduksi sel kanker. Antioksidan pun dapat membantu memperlambat degenerasi sel.

5. Memperlancar pencernaan

Pencernaan terganggu atau terasa tidak nyaman? Jawabannya ada pada biji nangka. Kandungan nutrisinya dapat memperlancar pencernaan. Selain itu, serat dalam biji nangka dapat menimbulkan rasa kenyang lebih lama. Serat di dalamnya pun dapat mencegah sembelit alias konstipasi.

6. Menyehatkan mata

Biji nangka mengandung vitamin A yang dapat meningkatkan kesehatan mata. Gangguan fungsi mata pun dapat dicegah seperti rabun senja, bahkan penyakit mata seperti katarak.

7. Meningkatkan kesuburan rambut

Paduan vitamin A dan protein dalam biji nangka dapat menyehatkan rambut.  Kandungan zat besi di dalamnya juga akan meningkatkan aliran darah menuju kulit kepala sehingga rambut tumbuh dengan sehat.

Biji nangka pun diketahui mampu mengurangi stres berkat kandungan protein dan mikronutrisi. Hal ini pun dapat membawa dampak baik bagi rambut karena stres berkurang maka rambut rontok pun dapat dicegah.[cnnindonesia]
 
 
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar